Apa Itu Perseroan Terbatas

Apa itu PT atau perseroan terbatas? Badan usaha ini merupakan badan usaha yang mempunyai modal terbagi atas saham. Lalu terdapat tanggung jawab akan utang atau kewajiban dari perusahaan kepada para pemiliknya sebesar saham yang dimiliki oleh mereka. Perseroan terbatas tentunya merupakan badan usaha yang mempunyai kelebihan dibandingkan dengan badan usaha lainnya. Contohnya badan usaha ini mempunyai keluasan untuk dimiliki, tanggung jawabnya yang terbatas yaitu pada modal yang disetorkan saja serta, pergerakan dalam bidang usaha yang bebas.

Jadi, perseroan terbatas adalah badan usaha yang mempunyai modal tercantum ke anggaran dasar suatu perseroan terbatas. Kekayaan perusahaan tentunya dipisah dari kekayaan pribadi dari para pemilik perusahaan. Jadi, tiap pemilik perusahaan pun mempunyai kekayaannya masing-masing dan bisa saja setiap perusahaan ada yang menanam modal di BKPM. Setiap orang juga bisa mempunyai lebih dari satu saham sebagai bukti untuk kepemilikan suatu perusahaan.

Keuntungan dari Mendirikan Perseroan Terbatas

Karena tanggung jawab dari pemilik perseroan terbatas hanya pada saham yang mereka miliki saja, maka jika terjadi utang perusahaan yang jumlahnya melebih nilai kekayaan dari perseroan terbatas tersebut, maka kelebihan utang tersebut bukanlah tanggung jawab dari orang-orang yang mempunyai saham di sana. Ini merupakan keuntungan perseroan terbatas. Lalu, jika perusahaan mendapatkan untung, maka keuntungan tersebut akan dibagi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan dan disetujui oleh para pemilik saham. Jadi, pemilik saham juga akan mendapatkan profit yang bernama dividen. Dividen tersebut besarnya tentunya akan tergantung dari jumlah profit yang didapatkan oleh perseroan terbatas. Berikut ini keuntungan lainnya.

  1. Bisa berjalan lebih lama

Struktur dan aset yang ada pada perseroan terbatas bisa melewati masa hidup daro direktur, pejabat, maupun dari para pemegang sahamnya. Tentunya kelebihan perseroan terbatas yang satu ini akan menyebabkan kestabilan modal. Tentunya struktur dan aset ini bisa dijadikan sebagai investasi untuk proyek yang lebih menguntungkan dan lebih besar. Jangka waktu yang lebih panjang pun juga memungkinkan. Kelebihan dari perseroan terbatas yang satu ini pun juga menjadi sesuatu yang sangat penting semasa periode pertengahan.

  1. Kewajiban yang terbatas

Perseroan terbatas mempunyai kewajiban yang terbatas pula. Berbeda dengan partnership, jika Anda merupakan pemegang saham dari suatu perusahaan, maka Anda tidak mempunyai kewajiban akan hutang perusahaan maupun obligasi. Akibatnya, akan ada kehilangan potensial yang sifatnya terbatas yaitu yang jumlahnya tidak lebih dari jumlah yang bisa mereka bayarkan kepada saham. Tentunya aset dan struktur pun akan lebih terlindungi dengan kelebihan yang satu ini.

  1. Manajemen yang lebih efisien

Dengan adanya spesialisasi dan manajemen, maka pengelolaan modal di perseroan terbatas pun juga menjadi lebih efisien. Perusahaan tersebut bisa melakukan ekspansi. Efisiensi dari suatu modal bisa menjadi lebih maksimum jika dibarengi dengan orang yang tepat. Apalagi dengan adanya pemisahan antara pemilik perusahaan dan juga pengelola, tugas utama dan fungsi dari masing-masing pihak pun akan terlihat.

Jenis-Jenis Perseroan Terbatas yang Ada di Indonesia

Berikut ini kami berikan beberapa jenis Perseroan Terbatas yang bisa Anda temukan di Indonesia. Berikut ini daftarnya

  1. Perseroan Terbatas Terbuka

Sesuai dengan namanya, PT Terbuka merupakan PT dimana saham-saham dari perusahaan tersebut bisa dimiliki oleh tipa orang. Jadi, tiap orang pun juga bisa mengambil bagian untuk permodalan bagi perusahaan tersebut. Saham-saham yang ada di PT Terbuka pun juga biasanya ditulis dengan mudah sehingga bisa dipindah tangankan ke pihak lain.

  1. Perseroan Terbatas Tertutup

Sedangkan untuk PT Tertutup, sahamnya hanya bisa dimiliki oleh pihak-pihak tertentu. Namun tiap orang bisa ikut serta untuk permodalannya. Biasanya para pemegang saham PT Tertutup merupakan keluarga atau sahabat sendiri.