Mengenal Yayasan dan Syarat Mendirikannya

Tentunya Anda pernah mendengar istilah yayasan. Bahkan mungkin di sekitar Anda pun juga ada yayasan yang bisa Anda datangi. Lalu apa pengertian dari yayasan? Yayasan merupakan suatu badan hukum atau organisasi dimana yayasan mempunyai maksud dan tujuan yang berhubungan dengan sosial, keagamaan, dan juga kemanusiaan. Tentunya ada beberapa syarat formal yang harus dipenuhi oleh sebuah yayasan dan juga harus mengerti tentang beda Notaris dan PPAT agar lebih mengerti.

Pengertian Lebih Lanjut Tentang Yayasan

Yayasan adalah badan hukum yang melakukan suatu kegiatan untuk tujuan sosial. Tentunya badan hukum ini bersifat legal dan mempunyai pimpinan serta badan pengurus. Tentunya yayasan mempunyai tujuan tersendiri yang berfokus pada keagamaan, sosial, dan juga kemanusiaan.

Tujuan Dibentuknya Yayasan

Kembali ke saman Hindia Belanda, yayasan dan gereja sebenarnya sama-sama mempunyai tujuan yang mulia. Gereja juga merupakan badan hukum dengan tujuan dan maksud yang kurang lebih sama dengan yayasan yaitu berfokus pada keagamaan, sosial, dan juga kemanusiaan.  Tentunya tujuan utama dari yayasan adalah membantu. Membantu untuk tujuan sosial, kemanusiaan, dan juga keagamaan. Sebelumnya tidak ada undang-undang yang mengatur bagaimana yayasan di Indonesia. Namun sekarang Mahkamah Agung sudah mengeluarkan undang-undang tentang yayasan. Sedangkan di mata masyarakat Indonesia sendiri, yayasan mempunyai peranan dan fungsi yang bervariasi di berbagai bidang. Namun yang paling menonjol adalah di bidang sosial, pendidikan, kemanusiaan, dan juga agama. Karena itulah yayasan bisa bertahan dan berkembang karena menyesuaikan dirinya dengan kebiasaan dan budaya yang di hidup di sekitar masyarakat.

Yayasan pun juga mempunyai tujuan untuk membangun atau meningkatkan sumber daya manusia. Yayasan juga mempunyai tujuan untuk meningkatkan fasilitas di bidang kemasyarakatan dan juga pendidikan agar bisa terciptanya peningkatan kualitas SDM dan juga pendidikan. Jika yayasan tersebut berfokus kepada seni atau budaya, maka tujuan yayasan tersebut adalah untuk melestarikan budaya dan seni Indonesia di sekitar wilayah yayasan.

Syarat-Syarat untuk Mendirikan Yayasan

Jika Anda ingin mendirikan suatu yayasan, maka ada beberapa persyaratan yang harus Anda turuti agar yayasan Anda bisa diakui secara hukum. Ada pasal yang memuat bahwa untuk mendirikan suatu yayasan, maka bisa dilakukan oleh satu orang ataupun lebih. Mereka yang mendirikan yayasan akan memisahkan sebagian harta atau kekayaan mereka untuk dana awal pendirian yayasan. Berikut ini adalah syarat-syarat lainnya untuk mendirikan yayasan.

  1. Pendiri perseorangan

Jika Anda ingin mendirikan yayasan sendiri, maka orang Indonesia (WNI) atau orang asing (WNA) bisa mendirikan yayasan.

  1. Pendiri lebih dari satu orang

Begitu pula dengan orang-orang yang ingin mendirikan yayasan, baik orang-orang WNI atau orang-orang WNA bisa mendirikan yayasan.  Bahkan beberapa orang WNI dan beberapa orang WNA bisa bersama-sama membangun yayasan.

  1. Pendiri badan hukum

Badan hukum baik itu Indonesia maupun asing pun juga diperbolehkan untuk mendirikan yayasan.

  1. Pendiri lebih dari satu badan hukum

Badan-badan hukum baik itu Indonesia maupun asing maupun campuran dari keduanya juga bisa mendirikan yayasan.

  1. Pengurus yayasan

Jika Anda ingin mendirikan suatu yayasan, maka yayasan tersebut harus mempunyai pengurus paling tidak satu orang.

  1. Tidak melanggar norma susila
  2. Tidak melanggar ketertiban umum yang berlaku di tempat dimana yayasan tersebut didirikan
  3. Tidak bertentangan dengan undang-undang yang berlaku di tempat dimana yayasan tersebut didirikan
  4. Tujuan yayasan harus dalam bentuk kemanusiaan, keagamaan, dan juga sosial
  5. Yayasan harus mempunyai Akta Notaris yang dibuat atau ditulis dalam Bahasa Indonesia.