Punya Usaha Dagang? Begini Cara Membuat SIUP Dan Fungsinya

Usaha dagang atau bisnis dagang adalah salah satu sektor perekonomian yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Selain banyaknya bidang yang sangat menggiurkan dari sisi sektor bisnis, berdagang juga diyakini dapat mengembangkan potensi yang kita miliki serta sebagai bekal yang dapat diwariskan kepada anak cucu. Usaha dagang baik dalam skala besar maupun kecil tentunya membutuhkan peraturan. Agar para pelaku usaha tidak sembarangan dalam menjalankan usahanya. Tetap harus mengikuti prosedur serta ketentuan yang ada. Sehingga usaha dagang tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tidak memberikan dampak negatif terhadap lingkungan.

Apa Itu SIUP?

Bagi para pelaku usaha SIUP atau Surat Ijin Usaha Perdagangan sudah bukan hal yang asing lagi. SIUP adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha baik dalam skala perorangan maupun badan usaha. Surat ijin Usaha Perdagangan tersebut memiliki fungsi kontrolling bagi pemerintah terhadap usaha-usaha perdagangan yang ada di Indonesia.

Dengan adanya SIUP tersebut, maka pemerintah dapat mengetahui usaha mana yang legal atau resmi dan usaha mana yang liar. Serta apakah usaha dagang tersebut sudah berjalan sesuai dengan prosedur dan tentunya kewajiban membayar pajak yang harus dipenuhi oleh para pelaku usaha tersebut.

Manfaat SIUP

Dengan adanya SIUP maka pemerintah memiliki data mengenai usaha-usaha yang ada di Indonesia. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya.

  1. Ijin resmi

Dengan memiliki SIUP maka usaha yang Anda miliki telah memperoleh ijin resmi dari pemerintah. Ijin resmi tersebut tentunya dapat menjadi perlindungan hukum yang kuat bagi Anda jika suatu saat terjadi penertiban usaha. Usaha Anda tidak akan dianggap liar, sebab telah memiliki legalitas yang kuat.

  1. Sebagai syarat utama

SIUP adalah salah satu syarat utama yang harus dimiliki oleh para pengusaha dan badan usaha agar nantinya usaha tersebut dapat berjalan dengan lancar. Sebab, salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kepemilikan SIUP adalah jika suatu hari Anda ingin mengajukan kredit ke bank, maka salah satu syarat pengajuan kredit telah Anda miliki.

  1. Menunjang perdagangan antar negara

Suatu hari nanti tentunya Anda ingin usaha yang Anda jalani tidak hanya berkembang di negeri sendiri tetapi hingga ke mancanegara. Salah satu persyaratan yang harus terpenuhi untuk melakukan ekspor impor barang dagangan adalah memiliki SIUP. Dengan memiliki SIUP sedari awal usaha Anda, maka Anda tidak perlu khawatir lagi.

  1. Kredibilitas meningkat

Memiliki SIUP berarti usaha Anda telah diakui oleh pemerintah dan sah secara hukum. Hal tersebut dapat meningkatkan kredibilitas usaha Anda di mata para pengusaha lainnya. Selain itu, Anda juga akan dapat dengan mudah mengikuti pameran-pameran bidang usaha karena telah memiliki SIUP.

Sebelum Anda mendaftarkan usaha Anda untuk mendapatkan SIUP, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis SIUP berdasarkan besar kecilnya usaha. Agar, segala persyaratan untuk pengajuan SIUP sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

SIUP Kecil

Perusahaan yang masuk dalam klasifikasi SIUP kecil adalah perusahaan yang memiliki kekayaan bersih sebesar Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, namun tidak termasuk didalamnya tanah dan bangunan.

SIUP Menengah

Untuk perusahaan yang memiliki kekayaan bersih sebesar Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar, maka harus memiliki SIUP menengah. Hal tersebut tidak termasuk tanah serta bangunan yang dimiliki.

SIUP Besar

Sedangkan bagi perusahaan yang memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 10 miliar dan tidak termasuk dengan tanah dan bangunan yang digunakan sebagai tempat usaha, maka diwajibkan untuk memiliki SIUP besar.

SIUP Mikro

SIUP mikro untuk usaha perorangan yang kekayaan bersihnya tidak lebih dari Rp 50 juta.